Liputan Rujak Ciherang oleh NET12 [VIDEO]

Menurut pembaca berita (host), rujak Ciherang kondang karena racikan bumbunya yang khas ditambah dengan kecombrang bikin lidah bergoyang ...

Pemandangan sederet bumbu rujak dalam stoples berjejer di depan warung Rujak Ciherang, siapapun yang melihat kemasan bumbu rujak Ciherang langsung menelan ludah, membayangkan sedapnya irisan buah-buahan segar disiram bumbu rujak.

Warga sekitar menyebutnya Rujak Ciherang karena terletak di Ciherang desa Kiangroke kabupaten Bandung. Rp 7000 per porsi, terdiri dari mangga muda, bengkuang, nanas, timun, jambu air dan irisan ubi merah yang siap meriahkan rasa di lidah.

Tapi ... Yang membuat rujak ini makin wah adalah aroma bumbu rujaknya, harum kecombrang menyeruak bikin lidah bergoyang. Takjarang pelanggan datang demi stoples bumbu rujak yang dijual seharga Rp 20.000,-Bumbu kecombrang adalah resep istimewa yang diwariskan secara turun-temurun sejak 1925 dan mulai kondang dengan nama Rujak Ciherang sejak tahun 60-an. 

Kecombrang membuat Rujak Ciherang makin lezat


Menurut Siti Hamidah selaku pemilik warung, "Kecombrang itu selain asam juga sebagai pengawet alami, makanya kan kuat gitu ..." Sehari takjarang sekitar 300 stoples bumbu rujak habis diserbu pelanggan. Dan setiap akhir pekan, 100 porsi rujak Ciherang mendarat manis di meja langsung siap santap.

Kecombrang sering disebut juga dengan honje, sejenis tumbuhan rempah yang dimanfaatkan bunganya wanginya yang khas sering dijadikan pelengkap sajian khas nusantara. Selengkapnya simak video tentang Kecombrang dan Rujak Ciherang berikut ini ...



Komentar